Minggu, 27 Oktober 2013

FORGIVE ME -Rahasia Membesarkan Anak dengan Bimbingan Positif dan produktif-


Buku yang Frank Moffatt tulis ini adalah buku tentang parenting lho, wah - wah pas dong sama aku yang sangat - sangat membutuhkan banyak referensi dan masukan tentang cara mengasuh anak dengan pola asuh yang baik tentunya. Oke lets start yaa resensinya....


Judul buku : Forgive Me ( How to raise an amazing children )
Penulis : Frank Moffatt
Penterjemah : Yuni Astusi
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2012
Tebal buku : 285 halaman
ID : 143130333
ISBN : 978-602-02-0648-6
  Menjadi orang tua menurut Frank moffatt seperti momen menaiki roller coaster liar. Dimasa lalu Frak moffatt kerap kali mendapatkan pujian dan rasa bangga dari orang –orang atas keberhasilannya telah sukses mengantarkan empat orang anaknya ( THE MOFFATTS ) menjadi superstar, tetapi jauh dalam hatinya memiliki anak superstar itu bukannlah kenangan yang ia ingat,namun ada beberapa kenangan yang sangat ia rindukan adalah dimana anak – anaknya bernain ice skating,pergi memancing,bermain petak umpet. Ternyata THE MOFFATTS memiliki masa kecil yang sama ya dengan anak – anak pada umumnya.
            Menjadi orang tua adalah pembelajaran dari trial dan error atau coba – coba. Kebanyakan dari kita belajar menjadi orang tua dengan menyerap apa yang kita lihat dan apa yang kita alami dalam hidup kita.  Orang tua memang bukanlah satu – satunya orang yang harus bertanggung jawab dalam mendidik anak. Dalam perjalanan hidup anak – anak akan belajar dari faktor lain , seperti saudara , guru , teman dan lingkungan serta hal – hal lain yang mempengaruhi mereka.


           The moffatts dibesarkan oleh Frank moffatt ( ayah kandung ) , Darlana ( ibu kandung) , Sheila ( ibu tiri ) , mereka merasa sebagai orang tua pekerjaannya tidak pernah selesai bahkan sampai THE MOFFATTS kini dewasa. Pengalaman – pengalaman Frank moffatt dari mempersiapkan kelahiran scott , masa – masa kehamilan Darlana mengandung Triplet ( Bob, clint dan dave ) diceritakan pula disini . Dan itu membuat kita tahu seperti apa pola asuh yang Frank moffatt terapkan kepada THE MOFFATTS sehingga mereka bisa menjadi Superstar. Tentu saja tidak semulus yang kita fikirkan, banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari buku FORGIVE ME ini,banyak sekali.

Dalam buku ini pula Frank moffatt memberikan 12 prinsip dasar kebaikan yang merupakan panduan untuk membangun fondasi bagi ornag tua dan anak – anak. Memberikan pendidikan / prinsip yang solid sehingga mereka ( anak – anak ) memiliki fondasi yang dapat mereka terapkan dalam seluruh asoek kehidupan dan menjadikan mereka pribadi yang dapat mengatasi permasalahan dalam kehidupan karena mereka telah memiliki fondasi yang kuat dan Frank menyatakan itulah kuncinya.
Prinsip – prinsip itu adalah :
1.      Kejujuran
2.      Keyakinan
3.      Keberanian
4.      Komitmen
5.      Kerendahan hati
6.      Menghormati
7.      Harapan
8.      Kesadaran
9.      Akuntabilitas
10.  Kesabaran
11.  Kemurahan hati
12.  Memaafkan
Untuk lebih jelasnya mengenai 12 prinsip ini silahkan segera miliki bukunya .

            Dalam buku ini adalah cerita pengalaman Frank moffatt membesarkan ke empat anak – anaknya. Bagaimana Frank menghadapi situasi dengan sikap positif dan negatif. Bagaimana cara yang Frank pilih mungkin dapat menjadi contoh untuk anak – anaknya atau bahkan sebaliknya menyakiti mereka. Jika anda menyadari tindakan dan perilaku anda sebagai orang tua menyakiti anda dan anak – anak , maka hentikan!!.

 Banyak sekali pengetahuan dan pelajaran yang dapat diambil dari buku ini. Mau tahu juga bagaimana dave menyatakan dirinya gay dan bagaimana Frank moffatt menyikapi peyimpangan seksual anaknya itu? Kebijaksanaan frank moffatt menerima penyimpangan yang dilakukan Dave merupakan contoh untuk para orang tua yang bagaimanapun keadaan anak kita harus diterima dengan sepenuh hati, karena bagaimanapun anak tetaplah anak kita, tanggung jawab kita.
Buku ini layak sekali dibaca oleh pasangan muda yang belum dan sudah memiliki anak. Karena jangan sampai melakukan tindakan – tindakan yang menyakiti diri sendiri dan anak dalam membesarkan anak. Bimbinglah anak dengan bimbingan positif dan produktif adalah rahasia membesarkan anak .

Masih banyak cerita seru seputar pengasuhan THE MOFFATTS , perubahan orang tua ternyata memiliki pengaruh yang sangat penting. Dalam buku ini pula terdapat surat dari Frank moffatts selaku ayah kandung Scott , Bob , Clint dan Dave untuk mereka.


Pokoknya bukunya keren sekali, dan memberikan banyak pengetahuan tentang cara membesarkan anak dengan bimbingan yang produktif dan positif .
Sekian yaa resensi dari saya tentang buku ini , masih ada buku Frank moffatt yang akan saya resensi yaitu tentang YOUR SECOND FIFTY ... tunggu saja yaaaa...

Beruntung sekali saya karena buku FORGIVE ME nya dapat pesan dan tandatangan langsung dari dad FRANK MOFFATT... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar